Mengawas SBMPTN dengan Drone

13/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   428 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Pemerintah Cina memiliki cara unik dengan mengawas SBMPTN menggunakan Drone. SBMPTN atau yang dikenal dengan nama Gaokao di negeri tirai bambu ini baru saja diselenggarakan dan diikuti dengan 10 juta peserta ujian.

Pemerintah Cina meluncurkan 6 buah drone untuk mengawasi jalannya ujian seleksi masuk universitas tersebut. Drone ini dinilai cara yang inovatif untuk megawasi peserta ujian yang jumlahnya jutaan tersebut.

Drone ini bekerja dengan cara mendeteksi sinyal radio dari ketinggian 500 meter di atas gedung. Apabila drone mendeteksi adanya pancaran sinyal radio yang digunakan untuk mengirim jawaban dari ponsel, maka drone akan langsung meneruskan informasi tersebut ke pengawas ujian.

Kemudian, sang pengawas akan menerbangkan drone lebih dekat kepada sumber sinyal. Apabila peserta terbukti mencontek, maka pengawas akan langsung mengambil tindakan tegas dengan mendiskualifikasi mereka dari ujian. Bahkan tidak bias mengikuti ujian ini selama 3 tahun.

Gaokao dikenal sebagai ujian yang sangat sulit di dunia. Banyak siswa yang dilanda stress ketika tidak bias lulus dalam ujian ini. Gaokao ini dilakukan selama dua hari, dan siswa-siswa di Cina ini memanfaatkan Gaokao sebagai jalan masuk untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi ternama yang ada di Cina.

Drone yang digunakan untuk mengawas Gaokao ini diterbangkan selama 90 menit dan berotasi sebesar 360 derajat untuk memindai sinyal radio yang ada di ruang ujian. Dengan hadirnya drone ini, para peserta ujian Gaokao tidak bias berbuat curang lagi.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply