Pemerintah Berencana Terbitkan Sertifikasi E-Commerce

15/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   391 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Rencana pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan terkait sertifikasi e-commerce disambut baik oleh para pemain bisnis online di Indonesia. Salah satu pemain e-commerce yang bersuara ialah OLX. Pemilik lapak jual beli online ini menyebutkan bahwa pihaknya siap untuk mendukung wacana pemerintah ini.

Daniel Tumiwa selaku CEO OLX mengungkapkan bahwa wacana ini sangat diperlukan di Indonesia sekarang. Ini adalah bentuk dukungan pemerintah dalam mengembangkan layanan bisnis online. Selain itu, pemerintah pun nantinya bisa memantau sekaligus mengamankan transaksi jual beli online.

“Sertifikasi ini sangat perlu sekali di Indonesia. Kebijakan ini nantinya bisa menjadi jaminan keamanan bagi para penjual dan pembeli dari kasus penipuan atau bentuk kejahatan lainnya.” Tambah pria yang juga merupakan ketua dari IdEA (Indonesia E-Commerce Association).

Akan tetapi, selain dari mendukung kebijakan ini, Daniel pun menambahkan bahwa persyaratan untuk akreditasi nanti harus simple. Jangan sampai orang yang ingin melakukan akreditasi malah kesulitan dengan birokrasi yang ada sehingga bisnisnya ketinggalan.

Penerapan kebijakan ini tentu perlu melibatkan pemain e-commerce lainnya. Jadi, perlu ada proses konsolidasi bersama sebelum kebijakan ini benar-benar diterapkan untuk para penggiat bisnis online di Indonesia.

Banyak sekali kasus-kasus dari e-commerce yang perlu diselesaikan bersama, salah satunya adalah prosedur penerapan pajak dan sertifikasi bagi para pelaku e-commerce di Indonesia. Jadi, perlu ada regulasi yang disepakati bersama oleh para penggiat bisnis online.

“Saat ini belum tahu pemerintah mau mewajibkan seperti apa. Peraturan soal e-commerce ini pun masih perlu dibahas lebih lanjut. Hal ini sangat menentukan sekali, apakah e-commerce akan hidup atau justru akan mati.” Tutup Daniel Tumiwa.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply