Apple “Waspada Hacking Akun iCloud” !

16/06/2015  |  By:   |  Social Media, Tekno News  |  No Comment   //   491 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Akhir-akhir ini kembali mencuat pemberitaan mengenai hacking akun iCloud. Sistem operasi dari Apple ini ternyata memiliki kelemahan dalam aplikasi Mail yan memungkinkan dapat dimasuki penyerang dalam mengambil data pengguna dengan mengeksekusi HTML melalui email masuk.

Pengguna brand Apple pun mulai was-was dengan adanya hacking akun iCloud. Dikarenakan semua data penting pengguna tak dipungkuri memiliki kepentingan dan rahasia data yang terdapat di email.

Seorang peneliti mendeomonstrasikan betapa mudahnya mencuri password iCloud di iOS 8.3. Kode yang dibuat dapat menampilkan pop-up serupa dengan prompt login iCloud. Sedangkan prompt yang dimaksud hanyalah kedok untuk mengelabui pengguna karena pop-up tersebut tak lain digunakan untuk mencuri password iCloud.

Pengguna yang terjebak daalam perangkap bisa saja menuliskan e-mail dan password tanpa ada rasa curiiga. Kemudian setelah pengguna menuliskan e-mail dan password, si hacker langsung menyerang akun iCloud.

Seperti diketahui bahwa iOS seringkali meminta login secara tiba-tiba apalagi saat anda sedang mengunduh sebuah aplikasi baru dan kebbanyakan pengguna relatif terbiasa dengan adanya pop-up tersebut dan kurang waspada mengenai kemungkinan terkenanya prompt login palsu.

Lalu, bagaimanakah cara membedakan prompt asli dengan prompt palsu? cara mudah yang dapat anda lakukan sendri yaitu dengan menekan tombol home saat prompt tersebut muncul di layar.

Saat prompt asli muncul di layar pengguna tak akan bisa melakukan hal lain apabila belum pilih “ok ” atau “cancel”. Akan tetapi, jika prompt palsu atau buatan si hacker , pengguna akan langsung dikembalikan ke home screen setelah menekan tombol home.

Apple pun mengakui atas kelemahan ini dan sedang dalam perbaikan sistem guna meningkatkan kenyamanan pengguna Apple dalam pemanfaatan akun iCloud. Pengguna diharapkan untuk lebih waspada dan melakukan update software dengan menunggu aba-aba dari Apple.

Baca Terkait :

Blokir Iklan Spam di Browser Dengan iOS 9

iPhone Berhasil Selamatkan Pemiliknya Dari Insiden Kecelakaan

Baca Juga :

Di Tiongkok Harga Smartphone Iron Man Rp 1,2 Miliar

 

About the Author :

Leave a reply