Facebook Buat Data Center Baru di Irlandia

16/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   554 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Siapa yang tidak mengenal sebuah jejaring sosial terbesar di dunia atau biasa dipanggil dengan Facebook. Pastinya semua orang mengetahui akan hadirnya Facebook baik dari kalangan atas maupun dari kalangan menengah. Akhir-akhir ini Facebook sedang berupaya mengembangkan produktifitasnya dengan berbagai upaya seperti menambah beberapa fitur terbaru.

Baru-baru ini Facebook dikabarkan berencana membangun sebuah data center baru yang nanyinya akan diperkuat dengan sumber daya yang baru. Diperkirakan harga data center tersebut dibandrol seharga €200 juta atau sekitar Rp 3 triliun di Irlandia.

Alasan Facebook membuat pembangunan data center barunya untuk menunjukkan komitmen perusahaan agar dapat berinvestasi di Irlandia. Data center yang nantinya akan menjadi jaringgan pusat data kedua di wilayah eropa memilih lokasi di County Meath yang memiliki luas 50 ribu meter dan 14 kilometer dari barat Dublin.

Sebenarnya Facebook sejak tahun 2008 telah memiliki kantor cabang internasional di Dublin, Irlandia. Selain itu facebook juga telah meiliki empat data center di saluruh dunia, dalah satunya adalah Swedia. Berdasarkan informasi yang dilansir TheJournal.ie, Selasa (16/6/2015), kehadiran data center ini akan menambah jumlah karyawan Facebook hingga lebih dari seribu orang.

Agar tidak mempengaruhi perusahaan-perusahaan teknologi yang beroperasi di Eropa maka Uni Eropa melakukan perubahan hukum perlindungan data Uni Eropa. seiringan dengan Keputusan Facebook mengajukan permohonan ke pemerintah Irlandia untuk membangun sebuah data center baru.

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply