4G Indosat Diklam Lebih Murah

18/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   404 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Indosat klaim bahwa layanan 4G miliknya akan jauh lebih murah daripada pesaingnya yang lain. Hal ini disebabkan oleh modernisasi teknologi yang telah dilakukan oleh Indosat selama beberapa tahun ke belakang.

“Investasi kami di layanan 4G akan membuat biaya yang dikeluarkan oleh pengguna untuk 4G lebih murah dari yang lainnya. Ini disebabkan kami hanya tinggal membayar lisensi. Sedangkan masalah infrastruktur sudah siap semua.” Ungkap Joko RIswandi, Division Head Network Optimization Indosat.

Seperti yang diketahui, Indosat saat ini belum mau untuk menggeber layanan 4G seperti yang dilakukan oleh operator lainnya. Berdasarkan data, layanan 4G Indosat di spektrum 900 MHz hanya tersedia di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali.

Kabarnya, ongkos untuk modernisasi infrastruktur layanan 4G Indosat mencapai Rp6 hingga Rp7 triliun. Program ini sudah dimulai oleh anak perusahaan Oorodoo sejak awal 2013 lalu. Investasi yang sudah dikeluarkan hingga saat ini pun mencapai Rp14 triliun.

Program modernisasi jaringan milik Indosat ini mengimplementasikan teknologi U900 dan DC-HSPA+ yang mampu menghasilkan kecepatan akses data hingga 42 Mbps khususnya untuk layanan data dengan kualitas sinyal yang lebih baik.

Faktanya, sekitar 80% dari belanja modal Indosat dikeluarkan untuk mendukung program modernisasi jaringan dan pengadaan infrastruktur yang kurang. Untuk layanan 4G Indosat di spektrum 1.800 MHz dikabarkan akan dimulai di kota Balikpapan.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply