Indosat: Tidak Ada Layanan 4G di Sepanjang Jalur Mudik

18/06/2015  |  By:   |  Tekno News  |  No Comment   //   413 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Indosat menyebutkan bahwa tidak ada layanan 4G miliknya disepanjang jalur mudik tahun ini. Biasanya jalur mudik adalah ajang pamer dari operator untuk memberikan layanan jaringan terbaik mereka kepada pengguna. Akan tetapi Indosat tidak dengan mau terburu-buru memasanng layanan 4G di kawasan jalur mudik.

“Kami tidak ingin memaksakan. Kami belum siap untuk memasang layanan 4G di jalur mudik. Mungkin di tahun depan kami sudah siap.” Pungkas Joko Riswandi, Division Head Network Optimization Indosat.

Memang pada kenyataanya perkembangan layanan 4G Indosat terbilang sangat lambat. Sampai saat ini, hanya ada 4 kota yang sudah mendapatkan layanan 4G Indosat, yaitu Jakarta, Bandung, dan Bali. Bahkan ke empat kawasan ini pun belum memiliki cakupan yang luas.

Alasan Indosat belum mau menggeber layanan 4G ialah masih mandeknya spektrum di kisaran 900 MHz. besaran spektrum ini dinilai belum mampu membuat layanan 4G optimal, bahkan lebih baik menggunakan HSDPA di 900 MHz.

“Kami belum mau membuka layanan 4G di 900 MHz. berbeda cerita jika pemerintah sudah memberikan izin komersialisasi 4G di 1.800 MHz.” Tambah Joko Riswandi.

Sebenarnya, Indosat sudah mendapat roadmap komersialisasi 4G 1.800 MHz di sejumlah kota besar di Indonesia pada tahun 2015 ini. Akan tetapi pihak Indosat belum mau membeberkan alasan lebih rinci kenapa masih belum mau untuk membuka layanan 4G.

Kami sudah mendapat roadmap di spektrum 1.800 MHz. Tapi, kami belum mau untuk membeberkan semuanya. Kami sedang menyusun strategi untuk memasarkan layanan ini nantinya.” Tutup Joko Riswandi.

About the Author :

Writer at Teknoologia.com

Leave a reply