Ingin Buat Startup ? Inilah Tips Dirikan Startup Sukses

20/06/2015  |  By:   |  Startups, Tekno News  |  No Comment   //   655 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta РBagi startup mencari investor tidaklah mudah. Harus menemukan kesamaan visi dan misi sehingga timbul kecocokan karakter antara pendiri dan pemberi dana. Dimisalkan saja sebuah startup yang baru saja berkembang yaitu ruangguru.com

Universitas Indonesia mendapatkan pendanaan dari East Venture untuk mengembangkan ruangguru.com. Meskipun bergerak dibidang pendidikan dan didirikan kurang lebih lima bulan, kini perlahan startup ruangguru.com mulai dilirik dan berkembang pesat.

Kamu ingin dirikan startup ? Iman Usman selaku pengurus startup ruangguru.com membagikan tips dirikan startup sukses untuk pemula agar dilirik oleh investor.

1. Memiliki ide solid yang disertai prototipe awal

Untuk dirikan startup sukses, pendiri harus memiliki sebuah ide yang jelas dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Tak hanya ide yang diperlukan, tapi bagi pendiri startup pemula hendaklah mempersiapkan strateginya ke dalam sebuah prototipe produk.

Karena menurut Iman Usman, jarang ada investor yang mau melirik startup jika hanya sampai level ide saja.

2. Membuktikan adanya pasar untuk startup yang digarap.

Selain itu, anda harus melakukan riset terhadap produk. Hal ini amat penting dilakukan karena untuk mengukur kadar kebutuhan masyarakat atas startup yang akan didirikan.

Hal terpenting dirikan startup sukses yaitu pendiri harus memastikan bahwa pasar akan datang kembali untuk menjajal produk yang ditawarkan. Dengan kata lain produk startup harus bisa berkembang.

3. Memiliki tim yang kokoh.

Sukses tidaknya sebuah startup juga bergantung pada tim. Anda harus memiliki tim dan dapat bekerja secara tim. Karena para investor akan lebih berinvestasi dengan orang-orang yang mengerjakan startup dalam bentuk tim daripada hanya sekedar ide gagasan.

Para investor tidak akan hanya melihat ide yang dimiliki saja karena sebuah ide itu dapat berubah-ubah. Oleh sebab itu, investor akan lebih melihat siapa pendiri startup, orang-orang yang bekerja dibalik layar.

4. Siap dengan angka

Setelah anda menjalankan sebuah persiapan startup dengan tim anda untuk dirikan startup sukses, selanjutnya urusan dapur keuangan dan strategi pemasaran produk.

Pengurus startup ruangguru.com, Iman Usman menjelaskan bahwa pastikan keuntungan potensialnya, customer acquisition, dan statistik lainnya yang berhubungan dengan pertumbuhan produk.

Apabila ke empat aspek tersebut dijalankan, selanjutnya mulai mencari investor. Tapi, perlu diingat bahwa anda juga harus berhati-hati dalam memilih investor.

Adapun aspek yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda dengan tim dalam memilih investor yaitu :

1. Lihat portofolio investor

Pada portofolio investor akan terlihat jelas rekaman jejak investor. Startup apasaja yang pernah didanai dan bagaimana perkembangan startup yang didanai tersebut.

2. Himpun referensi dari sesama startup

Agar startup anda berhasil dan sesuai dengan target, berkomunikasi dengan startup lain sangat diperlukan. Apalagi dalam memilih investor, anda perlu sharing dengan startup lain yang sebelumnya sudah di investori oleh investor yang anda lirik.

Pengurus startup ruangguru.com kembali menjelaskan bahwa sebelum East Venture mendanai ruangguru.com, saya tanya ke startup lain yang pernah mereka danai. Dirinya dapat pencerahan dari pendiri BerryBenka, Traveloka, dan lainnya. Sehingga dirinya bisa tahu karakter investor yang akan bekerjasama dengan pihaknya seperti apa.

Apakah anda sudah punya planning untuk dirikan startup sukses?

Baca Juga :

Perusahaan Teknologi Nikmati Berkah Ramadhan Tahun 2015

Kontroversial Go-Jek Menjadi Perbincangan Media Sosial

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply