Perusahaan Teknologi Nikmati Berkah Ramadhan Tahun 2015

20/06/2015  |  By:   |  Social Media, Tekno News  |  No Comment   //   496 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Berkah datangnya bulan suci Ramadhan tahun 2015 teernyata bukan hanya dinikmati oleh warga yang menjalankannya. Ternyata, beberapa perusahaan teknologi kecipratan berkas Ramadhan tahun 2015.

Sebuah aplikasi dan platform internet tak kecuali Google, Facebook, twitter tapi juga pengembang bisnis lokal merasakan berkahnya Ramadhan tahun 2015.

Jika dulu, iklan di televisi dipenuhi dengan branding dan promosi operator mengenai promo produk Ramadhan kini tidak lagi dirasakan di iklan televisi. Justru jika anda perhatikan saat ini yang memenuhi iklan pertelevisian yaitu pemasin e-Commerce yang gencar berpromosi. Beberapa pemain e-Commerce seperti Hijup.com, Blibli.com, Tokopedia dan beberpa e-Commerce lainnya kerap menghiasi durasi iklan di televisi.

Menurut data yang dikeluarkan oleh AdsTensity bahwa sebuah aplikasi riset iklan televisi buatan PT Sigi Kaca Pariwara, ditunjukkan bahwa sepanjang Mei 2015 lalu, perusahaan e-commerce Traveloka menduduki posisi pertama sebagai pembelanja iklan terbesar di televisi dengan dana Rp273 miliar. Ini mengalahkan TVC milik grup Djarum.

Pemain OTT, khususunya e-Commerce baru mendapatkan dana segar sehinga mereka jor-joran dalam menaikkan value dengan harapan mendapatkan seeding baru.

Menarik Basis Pengguna

OTT raksasa gencat memanjakan penggunanya dengan memanfaarkan momen Ramadhan tahun 2015 ini. Hanya saja mereka tidak beriklan, melainkan membuka kesempatan menggunakan layanan sebagai platform untuk beriklan atau promosi.

Misalkan twitter menarik pengguna dengan menghadirkan hastag seperti #Eidul Fitri atau #Ramadhan yang akan berubahh menjadi sebuah ikon tertentu. Sekarang kata #Ramdhan #bulanpuasa #bukapuasa pun memiliki ikon otomatis.

Twitter berupaya untuk menarik para pengiklan untuk mau menggunakan Twitter sebagai sarana promosi.

Google pun juga mempunya cara khusus untuk menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2015 ini. Perusahaan yang besar di industry iklan digital ini memperkenalkan sebuah tool yang membantu aktivitas pengguna selama bulan puasa tahun ini. Tool ini bernama ‘My Ramadan Companion’ atau ‘Sahabat Ramadhanku’.

Hebatnya, Uber dan Go-Jek, penyedia aplikasi ridesharing itu menawarkan berbagai program menarik untuk meningkatkan jumlah penggunanya. Uber dengan UberBUKA, menu pemesanan makanan berbuka yang dijanjikan akan sampai dalam waktu 10 menit.

Biaya untuk Go-Jek sendiri sebesar Rp 10.000 (tidak berlaku untuk pukul 16.00 s.d 17.00). Go-jek mengaku bahwa aplikasinya telah didownload 650.000 kali.

Duit banyak, promosi gencar, tapi menolak diatur

Indonesia merupakan pasar yang strategis bagi perusahaan-perusahaan yang memproduksikan produknya disini.

Para OTT asing maupun penyedia platform teknologi itu bisa dibilang memiliki dana yang banyak. Tidak heran jika mereka mampu berpromosi secara besar-besaran untuk meraih penetrasi pasar. Namun sayangnya, meski telah menggarap pasar sedemikian rupa, perusahaan-perusahaan asing ini masih menolak untuk diatur.

Apalagi Google, Facebook atau Twitter yang sama sekali tidak memberikan keuntungan ekonomi atau finansial apa-apa ke Indonesia. Seperti layaknya anak kecil yang diberi permen lollipop agar mau bersahabat, hanya dengan hashflag.

Bagaimana dengan anda pemilik startup maupun bisnis, apakah sudah kecipratan berkah Ramadhan tahun 2015 ini?

 

Baca Juga :

Jejaraing Sosial Friendster Vakum !

Hore Nokia Akan Hadir 2016 Mendatang

About the Author :

Leave a reply