Ponsel Bertenaga Surya Milik Samsung

26/03/2015  |  By:   |  Gadgets  |  No Comment   //   567 Views
Ponsel Bertenaga Surya

Source Picture : yefrichan.wordpress.com

Teknoologia.com, Jakarta – Samsung telah memiliki ribuan model ponsel sebagai portofolio mereka, mulai dari ponsel dasar, ponsel yang ramah di saku serta jajaran smartphone Galaxy. Tetapi apakah kalian tahu kalau Samsung pernah membuat ponsel bertenaga surya?

Yap, pada Juni 2009 yang lalu, Samsung telah merilis ponsel pertama di dunia dengan mengunakan tenaga surya. Adalah Samsung Guru E1107, ponsel yang menampilkan sel surya dibalik punggungnya yang merupakan ponsel bertenaga surya pertama di dunia. Saat terkena sinar matahari, sel yang terdapat pada punggung ponsel tersebut dapat menghasilkan listrik yang pada nantinya akan dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel.

Namun, sel surya kecil tersebut tak seperti baterai biasa, sel itu hanya bisa digunakan untuk menelepon sekitar 5 sampai 10 menit setelah menyerap panas matahari selamat satu jam.

Samsung Guru E1107 memiliki layar CSTN dengan warna 65K. Ukuran layar 1,52 inci dengan resolusi 128×128 piksel dengan kedalaman 119 ppi. Ponsel ini cuma memiliki fitur dasar yakni SMS, telepon dan WAP 2.0. Ponsel bertenaga surya ini menggunakan baterai berkapasitas Li-Ion 800 mAh.

Selain merilis Samsung Guru E1107, raksasa produsen ponsel tersebut juga merilis Samsung Blue Earth di tahun yang sama. Samsung Blue Earth juga menampilkan sel surya di punggungnya, yang bisa digunakan menelepon selama 10 menit setelah menyerap sinar matahari selama satu jam.

Ponsel bertenaga surya kedua milik Samsung ini menawarkan beberapa fitur canggih, seperti akses ke web, YouTube, dan media sosial. Ponsel ini juga bisa terhubung ke internet melalui Wi-Fi atau 3G, sementara itu perangkat ini memiliki radio GPS yang bisa diaktifkan layanan lokasinya. Kapan ya giliran smartphone bertenaga surya dirilis?

About the Author :

Leave a reply