Waspada Smartphone Samsung Mudah Diretas

18/06/2015  |  By:   |  Gadgets  |  No Comment   //   495 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Banyak orang mengagumi beberapa fitur yang dihadirkan oleh sebuah perusaah Gadget dan juga desain yang menarik dari  Smartphone Samsung yang belakangan ini sedang menjadi sorotan dunia. Meskipun beberapa fitur keamanan yang salah satunya adalah fitur pemindai sidik jari yang telah digunakan pada beberapa ponselnya tetap saja masih mempunyai celah untuk para hacker untuk diretas.

Sebuah keyboard buatan Swiftkey yang ada pada semua perangkat Samsung Galaxy diduka dapat memberikan celah kepada para hacker untuk bisa mengeksploitasi peretasan data. Hal tersebut diungkap oleh seoran peneliti di Now Secure, Ryan Welton.

Dengan menggunakan proxy server palsu dan mengirimkan malware yang menyerupai pembaruan keamanan terhadap keyboard celah dapat dieksploitasi oleh Welton. Selain itu Welton juga dapat melakukan validasi data, dan juga membuat malware tersebut dapat bertahan di dalam ponsel.

Berbagai macam hal jahat dapat dilakukan oleh Welton dengan menggunakan Malware tanpa diketahui oleh pemilik ponsel. Samsung Galaxy S3, S4, S5, dan Galaxy Note 3 serta 4 lah yang merupakan produk Samsung yang menggunakan keyboard Swiftkey di pasaran yang mencapai 600 juta ponsel setelah kluar dari pabrik.

Sejak tahun 2014 lalu pihak dari Now Secure mengatakan bahwa ia telah memberitahu mengenai celah keamanan tersebut kepada Samsung. Sampai saat ini pihak Now Secure telah mengklaim sistem keamanan tersebut masih terbuka lenar meskipun Samsung telah mengatakan bahwa ia sudah menutup celah tersebut untuk OS Android 4.2 ke atas pada bulan Maret.

About the Author :

Leave a reply