Selfie yang Dulu Bukanlah yang Sekarang

19/03/2015  |  By:   |  Social Media  |  No Comment   //   750 Views
Selfie

Source Picture: canadianliving.com

Teknoologia.com, Jakarta – Bukan anak gaul namanya kalau belum pernah selfie. Kira-kira itulah istilah yang tepat untuk dikeluarkan untuk dunia pergaulan anak jaman sekarang. Setuju? Seiring dengan berkembangnya teknologi yang melaju begitu pesat saat ini, ponsel kini sudah tidak lagi digunakan hanya untuk alat komunikasi, tetapi juga sebagai alat untuk selfie.

Kamu tahu nggak sih kalau pada mulanya selfie dikenal sebagai self-potrait dalam bahasa Inggris, yang kemudian disingkat menjadi selfie. Self-potrait sudah pernah dilakukan sejak munculnya kamera boks Kodak Brownie di tahun 1900. Saat itu biasanya dilakukan melalui cermin.Anastasia Nikolaevna, Putri Kekaisaran Rusia adalah salah satu orang yang pertama kali mengambil foto dirinya melalui cermin lalu kemudian dikirim kepada temannya pada tahun 1914. Ia memberikan surat yang dikirim bersama foto itu. “Saya mengambil foto ini menggunakan cermin. Sangat susah dan tangan saya gemetar”, tulisnya dalam surat tersebut.

Di tahun 2013, kata selfie tercantum secara resmi dalam Oxford English Dictionary versi daring, dan pada bulan November 2013, kata tersebut dinobatkan sebagai Word of the Year tahun 2013 oleh Oxford Dictionary. Dan menyatakan bahwa kata ini berasal dari Australia.

Kata selfie mulai digunakan pada awalnya di tahun 2002. Ia muncul untuk pertama kalinya di dalam sebuah forum Internet Australia (ABC Online) pada tanggal 13 September 2002. Jadi sebenarnya selfie itu sudah lama banget keberadaannya, hanya baru sekarang saja menjadi tren. Selfie yang dulu pun berbeda dengan yang ada saat ini, yang pose dari si objeknya terlalu berlebihan.

About the Author :

Leave a reply