Khelafabook – Media Sosial Buatan ISIS

22/03/2015  |  By:   |  Social Media  |  No Comment   //   671 Views
khelafabook

Source Picture : www.vocativ.com

Teknoologia, Jakarta – Kelompok militan ISIS dilaporkan membuat media sosialnya sendiri yang bernama Khelafabook karena mereka kesal setelah terus menerus dihapus oleh Twitter, Facebook dan sejumlah sosial media lainnya.

Seperti yang diberitakan The Independent awal pekan lalu, sosial media bernama Khelafabook tersebut memiliki tampilan depan yang mirip dengan Facebook. Background dari situs ini adalah peta dunia dengan beberapa bendera ISIS.

Situs yang diluncurkan secara offline sehari setelah peluncuran akun Twitter-nya ditangguhkan ini dibuat oleh seorang pria yang berasal dari kota Mosul, Irak. Ia mendaftarkan situs itu dengan nama Negara Islam, dan di-hosting dari Mesir.

Meskipun saat ini situs Khelafabook masih ditutup, namun di dalamnya terdapat beberapa kalimat dari pembuatnya. Kalimat-kalimat tersebut mengatakan bahwa sosial media itu tidak disponsori oleh ISIS, tapi dibuat untuk mengklarifikasi pada dunia bahwa mereka “tidak hanya membawa senjata dan hidup di gua seperti yang kalian kira.”

“Kami tidak hidup untuk membunuh dan menumpahkan darah seperti yang digambarkan media. Kami memerangi musuh-musuh agama Allah,” tulis mereka pada situs tersebut.

Situs jejaring sosial yang bertujuan menghubungkan ISIS dengan para pendukungnya di seluruh dunia, telah beberapa kali retas sejak diluncurkan untuk pertama kalinya. Muncul dugaan kalau Khelafabook dibuat menggunakan platform Social Kit seperti yang digunakan pada umumnya.

Sampai saat ini belum diketahui apakah Khelafabook dibuat sebagai sarana perencanaan strategi penyerangan ISIS atau hanya sebagai media sosial biasa.

About the Author :

Leave a reply