5 Tips Terhindar dari Bahaya Belanja di Online Shop

19/03/2015  |  By:   |  Tekno Tips & Trick  |  No Comment   //   930 Views
Online Shop

Source Picture : Fuad-compi.com

Teknoologia.com, Jakarta – Menurut data yang dikeluarkan IMRG, pada tahun 2013 terdapat sekitar 3,5 Miliar orang sebagai pelaku belanja online yang rentan terhadap kerugian dan kejahatan bisnis online shop tersebut. Nah, sebelum uang Anda terkuras demi memenuhi hasrat karena tergiur melihat tampilan menarik di berbagai online shop, coba segera tumbuhkan rasa waspada dalam diri.

Rasa waspada bukan berarti ditimbulkan untuk mencegah Anda menaruh kepercayaan pada online shop, tetapi mencegah Anda menjadi salah satu korban kerugian dan kejahatan tersebut. Caranya cukup mudah, seperti membaca dan mempertimbangkan segala hal saat akan melakukan pembelian.

Bagaimana cara untuk menghindari kejadian nahas seperti itu? Berikut ulasan yang dilansir dari laman Forbes, Maret 2015:

1. Hati-hati dengan Biaya Terselubung
Pembengkakkan harga hingga 20 persen dari pembelian Anda umum terjadi. Tidak ingin hal tersebut pada diri Anda? Tanamkan dalam diri bahwa `di dunia ini tidak ada yang gratis`. Segala hal yang gratis pastinya mempunyai syarat dan pastikan Anda membaca syarat tersebut. Baca lebih mendetail.

2. Hati-hati dengan Barang Palsu
Mengerikan? Jelas. Jadi, periksa dan perbanyaklah bertanya jika Anda menemukan barang berkualitas bagus dengan harga yang murah. Teliti sampai Anda mendapat suatu kepercayaan.

3. Hati-hati dengan Ulasan Palsu
Kemungkinan memalsukan ulasan sangat mungkin terjadi di dunia online. Lantas, Anda cukup mengubah sikap menjadi lebih bersikap skeptis. Situs media sosial seperti Facebook atau Twitter dapat memberitahu mengenai detail profil dari orang berkomentar. Pebisnis online yang baik akan membangun interaksi dengan para pelanggan melalui media sosial.

4. Hati-hati dengan Pencurian Identitas
Ingin terhindar dari masalah satu ini? Ingatlah singkatan `SCAM`. S untuk Stingy atau berikan identitas Anda hanya pada orang terpercaya, C untuk Check atau rutin mengecek keuangan Anda, A untuk Ask atau bertanya mengenai kartu Anda secara berkala, dan M untuk Mantain atau mengontrol keseluruhan pengeluaran dan pemasukan keuangan dari kartu tersebut.

5. Pengiriman yang Tidak Pernah Sampai

Mungkin Anda belum pernah mengalaminya saat melakukan belanja online, tetapi beberapa orang pernah mengalami hal buruk seperti ini. Paketnya bisa saja tersesat atau memang tidak dikirim. Belanjalah dari online shop yang memang sudah ternama dan terpercaya.

About the Author :

Leave a reply