Smartphone Terkena Air Ini yang Harus Anda Lakukan

18/04/2015  |  By:   |  Tekno Tips & Trick  |  No Comment   //   498 Views

TEKNOOLOGIA.com,Jakarta – Pernahkah secara tidak sengaja Smartphone Terkena Air atau Tablet yang Anda miliki terjatuh di air? Atau mungkin kehujanan sehingga Anda dan Smartphone Anda ikut kebasahan? Ya, air merupakan salah satu faktor rusaknya barang elektronik seperti layaknya pada Smartphone ataupun Tablet. Hal tersebut pastinya membuat Anda khawatir ketika membawa Smartphone Anda berdekatan dengan air. Lalu, apakah yang seharusnya Anda lakukan apabila Smartphone terkena air. Ini yang harus Anda lakukan:
1. Jangan menyalakan Smartphone atau Tablet
Apabila Smartphone Anda mati ketika terkena air cukup banyak, jangan mencoba untuk menyalakannya kembali karena kemungkinan dapat menimbulkan korsleting. Begitupun sebaliknya, apabila Smartphone Anda masih menyala, segera matikan untuk menhindari adanya kerusakan.
2. Lepas bagian yang dapat dilepas
Lepaskanlah semua bagian Smartphone seperti casing , Sim card, micro SD (jika ada) dan juga baterai. Hal ini dilakukan agar air yang mungkin masuk ke dalam perangkat Anda dapat segera mongering.

3. Proses Pengeringan
Pengeringan dapat dilakukan dengan menggunakan kipas angin. Hindari mengeringkan handphone Anda di bawah terik matahari karena dapat merusak komponennya. Pastikan Smartphone Anda benar-benar kering sebelum Anda menyalakannya karena dikhawatirkan dapat menimbulkan korsleting dan mengakibatkan kerusakan. Langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menenpatkannya di media yang mampu menyerap air, misalnya dengan mengelapnya dengan tisu atau kain yang lembut.

4. Periksa ulang fitur Smartphone
Apabila Smartphone Anda sudah dalam keadaan kering selama kurang lebih dua hari, saatnya mencoba menghidupkan Smartphone Anda kembali. Periksa kembali apakah layar masih berfungsi normal (dilihat dari warna dan tingkat kepekaan pada layar). Putarlah lagu untuk mengetahui apakah speaker berjalan dengan baik. Coba untuk melakukan panggilan keluar untuk mengetahui apakah micro SD dan SIM card Anda masih dapat berfungsi. Terakhir, lakukan charging untuk mengetahui apakah ada masalah dalam konektor atau tidak.

5. Hubungi Service Center
Jika langkah-langkah tersebut sudah Anda lakukan namun Smartphone Anda tetap tidak mau menyala, atau ditemukan fungsi-fungsi yang tidak berjalan normal. Segeralah untuk membawanya ke Service Center.

Itulah beberapa langkah penanganan awal apabila Smartphone terkena air. Untuk pencegahan sebaiknya menaruh Smartphone atau Tablet Anda ke dalam tas waterproof atau dry bag.

About the Author :

Leave a reply