Tips Mengatasi Iphone 4G/4S yang Mati Total

26/04/2015  |  By:   |  Tekno Tips & Trick  |  No Comment   //   12831 Views

TEKNOOLOGIA.com,Jakarta – Bagi anda pengguna Iphone dan sering mengalami problem terhadap gadget anda? Iphone anda mendadak mati? Baterai boros tanpa pemberitahuan? Bingung penyebabnya? Tenang, jangan panik !! Artikel kali ini akan membahas mengenai permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada Iphone khususnya Iphone 4G/4S.

Seiring dengan kebutuhan teknologi masyarakat yang menuntut kita untuk tidak lepas dari gadget khususnya dalam dunia social media, terkadang muatan dalam gadget anda melebihi dari spesifikasinya. Tak heran jika hal ini akan menyebabkan handphone anda hang, cepat panas, boros baterai bahkan mendadak mati total saat digunakan.

Iphone merupakan produk keluaran Apple yang diluncurkan dengan spesifikasi beragam tergantung dari tipe iphone itu sendiri. Harga yang ditawarkan juga tak tanggung-tanggung akan tetapi tak sedikit pengguna iphone merasakan kenyamanan dari penggunaan produk tersebut. Disisi lain dari kenyamanan Iphone khususnya Iphone 4/4S ternyata pelanggan sering menemukan permasalahan pada Iphone 4/4S.
Berikut ini beberapa permasalahan yang sering dialami oleh mayoritas pengguna Iphone 4/4S terhadap gadget mereka dan solusinya yaitu :

1. Baterai boros dan waktu yang lama saat pengisian baterai (charger) saat mencapai 100%.
Diagnosa : Apabila anda mengalami hal ini, sesungguhnya baterai boros bukan berarti Iphone 4/4S anda bocor melainkan adanya aplikasi yang berjalan dibalik layar tanpa sepengetahuan anda. Pengisian Baterai yang memakan waktu lama merupakan hal yang wajar apalagi jika daya baterai saat pengisian 85% s.d 100% memakan waktu yang lama. Hal tersebut masih dianggap wajar sebagai anda pengguna Iphone 4/4S

Solusi : Matikan notifikasi aplikasi yang jarang anda gunakan. Tutup aplikasi setelah anda gunakan. Matikan pendeteksi lokasi pada Iphone anda jika tidak diperlukan karena hal ini sangat menghabiskan daya baterai.

2. Iphone 4/4S tiba-tiba mati total tanpa adanya pemberitahuan daya baterai.
Diagnosa : andanya aplikasi yang aktif dan berjalan secara bersamaan karena aplikasi yang terus aktif seperti Facebook, Waze, Twitter, Email mereka akan banyak menghabiskan baterai dikarenakan aplikasi tersebut akan terus mengupdate aktifitas terbaru. Sama halnya seperti BBM, Whatsapp, Path, Line, Instagram, Ask Fm dan sejenisnya.

Solusi : Matikan notifikasi aplikasi yang jarang anda gunakan. Aktifkan beberapa aplikasi social media yang selalu anda gunakan sehari-hari seperti BBM, Whatsapp dan Line. Uninstall aplikasi yang tidak pernah anda gunakan. Apbila anda berada dalam daerah yang memiliki tingkat jaringan selular yang baik maka kondisikan Iphone anda dengan menonaktifkan “3G” dan mengubahnya kedalam kondisi “E”

3. Layar Iphone 4/4S anda sulit untuk di touch
Diagnosa : Touch anda terhadap Iphone terlalu kencang sehingga tekanan yang diberikan terhadap layar Iphone terlalu besar sehingga menyebabkan gangguan bahkan kerusakan pada LCD anda.

Solusi : Touch layar iphone anda senormal mungkin, jangan terlalu kencang karena dapat mempengaruhi LCD pada layar Iphone anda. Alangkah baiknya untuk tidak menyimpan Iphone anda pada saku celana anda karena saku celana yang mengetat tidak adanya ruang udara akan menimbulkan tekanan yang besar terhadap iphone anda.

4. Saat anda menelpon, penerima atau lawan interaksi anda tidak dapat mendengar suara anda akan tetapi anda dapat mendengar suara lawan interaksi anda.
Diagnosa : Speaker yang terdapat dalam iphone anda mengalami kerusakan oleh sebab itu suara anda tidak tertangkap oleh lawan interaksi anda saat menelpon. Cobalah untuk melakukan perekaman suara pada Iphone anda, jika suara anda terdengar pada perekam suara maka speaker Iphone anda masih dalam keadaan baik dan bukan itu penyebabnya. Selain Speaker yang mengalami kerusakan disisi lain apabila anda sering melakukan instalasi aplikasi lalu meng-uninstall nya maka hal tersebutlah bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Solusi : Hindari instalasi dan un-instalasi aplikasi secara berlebihan. Lakukan restart terhadap Iphone anda

5. Iphone cepat panas
Diagnosa : Penggunaan case saat pengisian baterai dan waktu yang terlalu lama dalam melakukan pengisian baterai.

Solusi : Jangan menggunakan case Iphone saat pengisian baterai. Lakukan pengisian baterai dengan stop kontak secara langsung tanpa perantara seperti powerbank. Gunakan selalu accessories original by Apple. Jangan terbiasa untuk melakukan pengisian baterai saat jam tidur anda karena waktu yang lama dalam pengisian baterai mengakibatkan baterai cepat bocor

6. Saat anda membuka aplikasi tiba-tiba aplikasi tertutup dengan sendirinya
Diagnosa : Memori pada Iphone anda penuh sedangkan program Iphone memerlukan ruang memori yang besar.

Solusi : Hapuslah file atau data yang sudah tidak digunakan lagi dan lakukan peng-upgrade-an rutin terhadap aplikasi tersebut.

Demikian beberapa permasalahan yang sering terjadi pada Iphone 4/4S. Jadilah pengguna yang pintar dan cerdas dalam penggunaan smartphone anda.

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply