Tips Amankan Data Ponsel Dari Pelaku Kriminalitas

31/05/2015  |  By:   |  Tekno Tips & Trick  |  No Comment   //   405 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Dalam kehidupan masa kini, smartphone telah menjadi kebutuhan wajib sehari-hari. Tak dipungkuri smartphone kini dapat dimiliki oleh siapapun karena harganya yang sudah bersahabat. Tapi, harga yang bersahabat justru mengundang pelaku kriminalitas untuk mencuri data pribadi anda. Apa yang harus anda lakukan?

Apalagi untuk anda yang memiliki profesi bekerja di kantor, tentu tidak akan pernah bisa lepas dari smartphone anda. Dikarenakan kebutuhan kantor seperti kirim mengirim file melalui email, saling bertukar informasi bahkan smartphone bisa saja sebagai referensi untuk fashion anda.

Catatan penting, alamat penting, foto, kontak telfon, email bahkan informasi sensitif semua ada di smartphone yang anda miliki dan apabila terjadi penyerangan berupa virus maupun hacker akan berakibatkan semua data dalam smartphone anda HILANG!

Pelaku kriminalitas kini lebi cerdas, mereka bukan hanya mengincar harga jual smartphone anda saja melainkan menargetkan untuk mencuri data dalam smartphone anda seperti data kartu kredit, password email, media sosial dan lain-lain yang jauh lebih berharga.

Jika sampai pelaku kriminalitas berhasil mencuri data pribadi anda , apa yang harus anda lakukan? Chairman lembaga riseT CISSReC (Communication and Information System Security Research Center) seorang pakar keamanan cyber komunikasi dan system informasi memberikan beberapa tips untuk mengamankan data ponsel dari pelaku kriminalitas.

Selalu Backup Data Pribadi

Backup Data Pribadi anda selain di smartphone, kenapa? karena jika terjadi kehilangan, anda dapat segera menggunakan data yang telah di backup tanpa harus melapor ke pihak yang berwemang seperti pemblokiran akun e-banking maupun akun email pribadi anda.

Jangan Menyimpan Password di Browser

Apabila pencuri data berhasil masuk ke layar utama Anda , yang akan dilakukan oleh mereka yakni mengecek browser apakah ada akun yang bisa melakukan login otomatis. Dengan melakukan hal tersebut, pencuri akan memanfaatkan password anda untuk menyebar permintaan uang atau bahkan mengakses internet banking Anda.

Pasang Aplikasi Tracking Smartphone

Kecanggihan yang telah dimiliki oleh smartphone dapat anda manfaatkan untuk menginstall Aplikasi Keamanan. Mengapa? Hal ini digunakan jika smartphone anda hilang, anda dapat segera melakukan pelacakan keberadaan smartphone anda.

Untuk Platform Android sudah sangat banyak disediakan di play store dan platform iOS tak kalah saing, Apple meneyediakan aplikasi bawaan untuk melakukan tracking yaitu Find My Iphone.

Hapus Data Secara Menyeluruh

untuk pengamanan data lakukan pengapusan data secara meluruh. Untuk aplikasi tarcking lokasi biasanya telah menyediakan layanan untuk melakukan penghapusan data secara jarak jauh (remotely wipe off) seperti aplikasi Find My Iphone. Jika anda ingin menginstall aplikasi, pastikan dari sumber terpercaya.

Deaktivasi Nomor Telefon Anda

Deaktivasi Nomor Telefon yakni menghubungi operator selular untuk menonaktifkan segera nomer telefon anda agar tidak disalahgunakan.

Kunci Selalu Gadget Anda

Hampir semua smartphone kini dilengkapi dengan layar kunci yang mengharuskan kita untuk memasukkan kata kunci sebelum bisa masuk ke layar utama. Ada sebagian smartphone yang dapat memasang layar kunci lebih dari 1 kali dan hal ini sangat bagus jika anda lakukan karena semakin lama pencuri membobol password smartphone anda maka anda dapat melakukan cara-cara diatas seperti melakukan pendeteksian lokasi smartphone dengan aplikasi tracking.

Bagaimana apakah anda sudah mengamankan smartphone kesayangan anda? Jangan sampai pelaku kriminal mencuri data pribadi anda.

 

Baca Juga : Inilah Keunggulan dari Fitur Android M, Penasaran?

About the Author :

Leave a reply