The Brick, Ponsel Komersial Pertama di Dunia

12/03/2015  |  By:   |  Gadget 90an  |  No Comment   //   476 Views
The Brick

Source Picture :Image-gearburn

Teknoologia.com,Jakarta – The Brick adalah Telepon seluler alias ponsel mungkin sudah hampir semua penduduk dunia tahu. Tapi berapa banyak orang tahu ponsel pertama yang dipasarkan secara umum demi memenuhi kebutuhan komunikasi orang-orang yang punya mobilitas tinggi?Nah, kali ini kita bahas saja ponsel pertama di dunia yang dilepas ke pasaran sebagai perangkat komersial. Ponsel pertama ini bernama DynaTAC 8000X yang merupakan buatan perusahaan penyedia perangkat telekomunikasi asal Amerika Serikat, Motorola.

Dikutip dari Phone Arena, ponsel pertama secara resmi dijual sekitar 31 tahun lalu, tepatnya tanggal 13 Maret 1984. Penjualan ponsel secara komersial ini berselang 11 tahun dari pertama kali Martin Cooper membuat ponsel pertama kali di tahun 1973.Berdasarkan data yang terdapat di catatan sejarah ponsel dunia, Motorola DynaTAC 8000X sewaktu pertama dipasarkan dibanderol US$ 3.995 atau lebih dari Rp 50 jutaan. Harga yang sangat tinggi itu membuat ponsel ini hanya bisa dinikmati oleh kalangan kelas atas.

 

Teknologi yang masih terbatas membuat DynaTAC 8000X hanya memiliki fitur telepon saja. Ponsel yang sering ikut syuting film Hollywood ini perlu melakukan isi ulang baterai selama 10 jam untuk dapat dipakai nelepon selama 60 menit.Motorola DynaTAC 8000X ini memiliki berat 30 ons atau 3 kilogram, wow.

Bobot yang berat di handset ini juga bentuknya yang kotak dan besar membuat orang-orang menjuluki Dynatac sebagai ‘The Brick’ yang artinya batu-bata.

 

(den)

About the Author :

Leave a reply