Sudah Zaman Internet, Pemerintah AS Masih Pakai Disket?

17/03/2015  |  By:   |  Gadget 90an  |  No Comment   //   1226 Views
Disket

Source Picture: insideit.wordpress.com

Teknoologia.com, Jakarta – Amerika Serikat (AS) adalah negara Adikuasa yang memiliki kemajuan luar biasa di sektor teknologi. Namun anehnya, menurut gosip yang beredar, pemerintah AS masih menggunakan teknologi jadul (jaman dulu) seperti floppy disk atau lebih populer disebut ‘disket’ untuk mengamankan data-data penting negaranya.

Menurut keterangan Chief Technology Officer (CTO) White House, Megan Smith, pemerintah AS di era Barack Obama cukup ketinggalan zaman dalam hal pemanfaatan teknologi. Salah satu contohnya adalah, pemerintah AS diakui Smith memang masih menggunakan disket untuk mem-backup data-data rahasia negara.

Smith sendiri menurut yang dilaporkan laman New York Times, kini tengah berusaha ‘meng-upgrade‘ infrastruktur teknologi di ligkungan pemerintah AS. Penggunaan disket menurutnya sudah tidak relevan dengan kondisi industri teknologi saat ini yang sudah berbasis internet dan media penyimpanan virtual (cloud).

“Pemerintah sedang berusaha¬†untuk meng-upgrade,” ungkap Smith yang merupakan mantan eksekutif Google.

Apa yang diungkapkan Smith ini sebelumnya juga sudah sempat dipaparkan oleh laporan New York Times yang mengkritisi kinerja Federal Register, alias Lembaga Catatan Sipil pemerintah AS. Kala itu laporan New York Times juga menyebutkan bahwa sebagian besar catatan sipil masyarakat AS masih disimpan di dalam disket oleh pihak pemerintah.

Namun begitu, tugas Smith memodernisasi kinerja komputasi pemerintah AS dinilai tidak akan mudah. Pasalnya Smith terbatas dalam hal kewenangan mengatur kebijakan seluruh lembaga di pemerintahan AS. Proses modernisasi ini akan lebih mudah jika langsung dititahkan oleh Presiden Barack Obama.

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply