Tamagotchi – Si Primadona di Era 90an

18/03/2015  |  By:   |  Gadget 90an  |  No Comment   //   1180 Views
Tamagotchi

Source Picture: huffingtonpost.com

Teknoologia.com, Jakarta – Mau pelihara binatang tapi males ngerawatnya. Gimana jadinya ya kalau sudah kayak begitu? Sementara binatang itu sama seperti manusia, harus dirawat biar nggak cepat mati. Pasti anak-anak generasi 90an udah bisa nebak nih. Yap, Tamagotchi lah jawabannya.

Sekitar tahun 90-an ada sebuah terobosan baru khusus buat mereka yang ingin memelihara binatang tapi males ngerawatnya. Terobosan tersebut berupa konsol game yang disebut dengan Tamagotchi. Konsol game pabrikan Jepang ini sempat menjadi primadona bagi anak-anak di era 90an. Saat itu Tamagotchi telah menjadi sebuah virus menyebar dengan cepat ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Siapa coba yang gak tahu Tamagotchi di era 90an? Mainan berbentuk telur oval yang isinya seekor binatang virtual tersebut sebenarnya berasal dari dua kata, yaitu tamago (bahasa Jepang) yang artinya telur dan watch (bahasa Inggris) yang artinya jam tangan. Nah loh, jangan-jangan maksudnya jam tangan yang bertelur? Nggak deng bercanda. Hehe.

Tamagotchi pertama kali diproduksi oleh sebuah perusahan mainan asal Jepang yang bernama Bandai, pada tanggal 23 November tahun 1996. Waktu itu Tamagotchi baru dipasarkan di Jepang saja. Akan tetapi seiring dengan meningkat tajamnya penjualan konsol game tersebut yang bahkan mencapai 40 juta, akhirnya Bandai memutuskan untuk mengekspor Tamagotchi ke berbagai negara termasuk Indonesia. Puncaknya di tahun 1997, Tamagotchi menjadi konsol game yang banyak diburu oleh para penggemar game dan sukses menjadi mainan utama anak-anak pada saat itu.

Ukurannya yang kecil membuat Tamagotchi sangat mudah untuk dibawa kemana-mana sehingga bisa dimainkan di manapun dan kapanpun. Tamagotchi sendiri dimainkan dengan cara memberi makan, membersihkan kamar, mengajaknya bermain dan banyak hal lainnya yang dilakukan tanpa perlu repot seperti mengurus binatang peliharaan yang asli. Yang menjadi pembeda adalah, ini hanya dimainkan secara digital bukan dalam kehidupan nyata.

Yang asik dari konsol game yang satu ini adalah, kita dibuatnya seakan benar-benar memelihara binatang karena ada interaksi antara kita dengan binatang peliharaan kita tersebut. Binatang peliharaan yang ada dalam Tamagotchi hampir mirip dengan binatang peliharaan aslinya, kalau kita terus membiarkannya tanpa memberi makan, dia juga bisa mati. Benar-benar seperti binatang dalam kehidupan nyata kan? Nah, meskipun Tamagotchi hanyalah sebuah konsol game tapi dengannya kita bisa dilatih untuk disiplin dalam menjaga binatang peliharaan.

Sayangnya, kepopuleran si Tamagotchi tak berlangsung lama. Sejak munculnya konsol game yang lebih moder seperti, Nintendo, Sega dan PlayStation, Tamagotchi mulai kalah pamor dan perlahan dilupakan oleh pecinta game. Ya bisa kita lihat saat ini lah ya, sudah sangat jarang orang yang bermain Tamagotchi, kalaupun ada pasti yang mereka mainkan bukan Tamagotchi yang berbentuk telur oval tersebut, melainkan Tamagotchi yang telah menjelma masuk ke dalam gadget keren mereka. Tapi jangan sedih dulu, buat kamu yang mau bernostalgia dengan Tamagotchi ini, kamu bisa membelinya di beberapa tempat, karena faktanya masih ada yang menjual Tamagotchi konvensional seperti yang dulu.

About the Author :

Leave a reply