Ponsel Lipat Pertama Di Dunia : Motorola StarTac

10/07/2015  |  By:   |  Gadget 90an  |  No Comment   //   1587 Views

TEKNOOLOGIA.com, Jakarta – Masih ada yang menggunakan ponsel lipat sekarang ini ? masih berminatkah menggunakan ponsel lipat? atau mungkin ponsel lipat hanya menjadi gadget untuk kita bernostalgia? tidak terlepas dari semua ini kita mengenal Motorola StarTac sebagai ponsel lipat pertama yang dunia pernah ciptakan. Motorola adalah vendor telepon genggam ternama dari Amerika ini terispirasi dari salah satu adegan di film Star Trek yang pada akhirnya di wujudkan dalam bentuk Ponsel lipat pertama yang dimiliki oleh di dunia Motorola StarTAC yang dirilis pada tahun 1996.

Motorola StarTAC adalah terusan dari Ponsel Semi Lipat sebelumnya yang juga buatan Motorola yaitu MicroTAC yang resmi dirilis pada tahun 1989, pada ponsel MicroTAC ini yang bisa dilipat hanyalah penutup keyboardnya mirip dengan ponsel2 batangan Erricson tahun 1990an.

Motorola StarTAC dapat dilipat dari atas layar seperti layaknya ponsel lipat pada sekarang ini yang kita kenal , namun perbedaannya layarnya masih menyatu dengan keyboard dibagian atasnya hanya untuk speaker saja. Pada tahun 2005, PCWORLD menempatkan StarTAC di urutan ke 6 dalam The 50 Greatest Gadgets of the Past 50 Years.

Pada awalnya Motorola StarTac menggunakan tipe jaringan AMPS, setelah itu pembaruan lagi pada model TDMA dan CDMA. Kemudian muncul versi GSM nya. Pada awal perilisan ponsel ini sampai tahun 2000an  Motorola StarTAC mencatatkan kesuksesan dalam penjualannya dan tetap populer.

Siapa sangka pada awal pengeluaran ponsel lipat pertama ini yang dibuat oleh Motorola sudah memiliki harga jual yang cukup tinggi , harga dari Motorola StarTac ini di bandrol pada awal perilisannya sekitar USD 1000.

Dalam Motorola StarTac ini kalian bisa melakukan aktifitas seperti SMS dan menelpon pastinya , setelah itu desain yang dihadirkan adalah desain CalmShell untuk pertama kalinya. Motorola StarTac ini memiliki bobot yang cukup ringan hanya sekitar 88 gram saja, baterai yang digunakan oleh Motorola StarTac ini memakai 2 baterai Lithium-ion dan NimH. Hebatnya lagi ponsel ini adalah ponsel pertama yang mengenalkan tanda getar sebagai alternatif nada dering.

 

 

Baca Juga :  Inilah Smartphone Pertama Didunia Bernama Simon

 Nokia E90 – Handphone Pintar dari Pebisnis Hingga Mantan Presiden

Ericsson R310 – Handphone Keren untuk Anda yang Hobi Mendaki Gunung

Nokia N-Gage – Gadget 90an yang Melegenda

Ericsson T10, Handphone Flip Paling Hits di Akhir Abad 20

Informasi terkait:

About the Author :

Leave a reply