FreeCell – Game 90an yang Punya Sisi Unik

18/03/2015  |  By:   |  Games 90an  |  No Comment   //   563 Views
FreeCell

Source Picture : solitairecity.com

Teknoologia.com, Jakarta – Masih ingat dengan game kartu yang booming di era 90an? Benar sekali, FreeCell namanya. FreeCell merupakan permainan kartu favorit yang lahir sejak zaman Windows 95. Game 90an ini sangat membuat para pemainnya kecanduan, di mana saat itu belum banyak beredar minigames seperti di era sekarang. Permainannya sangat sederhana, hanya menyusun kartu menurun dengan warna selang seling merah dan hitam, kemudian memanfaatkan slot kosong yang ada di kiri atas layar. Nah, kali ini kita akan membahas apa sih yang unik dari FreeCell?

Keunikan pertama ada di sejarah game legendaris ini. Seorang pakar matematika dan penulis ilmiah Amerika, Martin Gardner memperkenalkan sebuah permainan matematika Baker’s Game pada Scientific American edisi Juni 1968. Permainan ini sangat mirip dengan FreeCell yang kita kenal sekarang, perbedaannya hanya terletak pada kartu tableau yang disusun dengan kembang yang sama. Selain itu ada juga yang menyebut bahwa permainan ini bermula dari permainan Forty Thieves (40 perampok) dari Skandinavia, tapi ini tidak terbukti. Selanjutnya, permainan ini dirubah dengan konsep penyusunan kartu tableau menurut warna kartu yang bergantian oleh Paul Alfille. Versi komputer pertama dari permainan ini adalah sistem PLATO yang menggunakan bahasa pemrograman TUTOR pada tahun 1978. Pada permainan ini, tersedia 4-10 kolom dan 1-10 sel dengan tableau berukuran 8 kali 4 kartu.

Poin unik dari FreeCell yang kedua terdapat pada jumlah susunan kartunya. Semua versi Windows sebelum XP memperkenalkan 32.000 ragam permainan FreeCell. Mulai dari versi XP ke atas memperkenalkan 1.000.000 ragam permainan. Padahal, jumlah susunan kartu yang mungkin dari FreeCell adalah 52 faktorial (kira-kira setara dengan 8 kali 1067), tapi ada beberapa permainan yang identik karena perbedaan jenis kembang di posisi yang sama atau sejenisnya, maka dari itu dianggap hanya ada 1.75 kali 1064susunan unik untuk FreeCell.

Satu lagi poin unik dari FreeCell adalah Hidden easter eggs. Ini berlaku di semua versi Windows. Coba saja kamu pilih Game > Select Game (F3). Kemudian ketik angka -1 atau -2, maka akan muncul permainan dengan susunan kartu yang tidak mungkin dimenangkan. Nggak percaya? Cobain deh. Tapi jangan khawatir, kalau kamu ingin kabur dari game tersebut, cukup tekan saja F2 atau F3 dan pilih game lain. Di dalam statistik, game hidden easter eggs tadi tidak akan terhitung sebagai kekalahan kok. Nah, untuk versi Vista, bisa kamu coba game bernomor -3 dan -4, dengan otomatis bisa dimenangkan hanya dengan memindahkan as ke home pile. Canggih kan?

About the Author :

Leave a reply